[Review] OUR STORY

Hai, hai! Sekali lagi saya akan mengulas sebuah novel karya kak ORIZUKA! Novel yang ini agak berbeda dengan novel yang sebelumnya saya ulas. Jika yang kemarin membahas kehidupan seorang mahasiswi di perkuliahan, sekarang pembahasannya adalah MASA SMA.cover-our-story

Judul                 : Our Story
Penulis             : Orizuka
Penerbit           :
Authorized Books
Tahun Terbit   :
2010
Tebal buku       : 240 halaman

Masa SMA.
Masayang selalu disebut sebagai masa paling indah,
tapi tidak bagi anak-anak SMA Budi Bangsa.

SMA Budi Bangsa adalah sebuah SMA di pinggiran ibukota yang terkenal dengan sebutan SMA ‘pembuangan sampah’, karena segala jenis sampah masyarakat ada di sana.

Preman. Pengacau. Pembangkang. Pembuli. Pelacur.

Masuk dan pulang sekolah sesuka hati.
Guru-guru honorer jarang masuk dan memilih mengajar di tempat lain.
Angka
Drop out jauh lebih besar daripada yang lulus.

Sekilas, tidak ada masa depan bagi anak-anak SMA Budi Bangsa, bahkan jika mereka menginginkannya.

Masa SMA bagi mereka hanyalah sebuah masa suram yang harus segera dilewati.

Supaya mereka dapat keluar status ‘remaja’ dan menjadi ‘dewasa’.
Supaya tidak ada lagi orang dewasa yang bisa mengatur mereka.
Supaya mereka akhirnya bisa didengarkan.

Ini, adalah cerita mereka.

****

Yasmine adalah seorang siswi pindahan dari Amerika, Manhattan. Ia memutuskan untuk kembali ke Indonesia setelah mendapat kabar bahwa Ibunya mengalami kecelakaan dan sedang terbaring koma. Sehingga Ayahnya mencarikan Yasmine sebuah sekolah di Jakarta yang berstandar Internasional, dengan fasilitas yang lengkap dan tentunya uang masuk yang selangit.

Sebenarnya Yasmine tak ingin ambil pusing masalah sekolah. Ia hanya ingin menemani Ibunya yang sedang dirawat di rumah sakit. Tapi pada malam harinya, Ibunya meminta Yasmine untuk pergi ke sekolah.

Namun siapa sangka. Sekolah yang akan dimasuki oleh Yasmine, yang katanya berstandar Internasional itu berubah menjadi sekolah bobrok yang menyedihkan. Bukan bangunan sekolahnya yang berubah.

Tapi, Yasmine salah memasuki sekolah! Yang seharusnya ia masuk ke SMA Bukti Bangsa, ia malah nyasar di SMA Budi Bangsa.

Yasmine berusaha menghentikan semua kesalahpahaman ini dan menuju ruang kepala sekolah untuk mengambil ijazah. Namun nyatanya, uang masuk Yasmine yang sebesar tiga puluh juta itu telah habis digunakan Kepseknya membeli permadani dan AC di ruang kerjanya. Sehingga mau tidak mau ia harus melanjutkan sekolahnya di situ, si SMA menyedihkan tersebut.

Masalah baru bertambah, ketika Yasmine harus berurusan dengan seorang berandal sekolah bernama Nino. Belum lagi suasana sekolah yang benar-benar kacau. Guru-guru yang jarang masuk, anak-anak berandalan, dan yang paling menyedihkan ialah hampir seluruh siswa SMA Budi Bangsa tak ada lagi yang perawan maupun perjaka! Kecuali Yasmine dan Ferris.

Dan masih banyak lagi rentetan masalah yang terjadi di SMA Budi Bangsa.

*****

Oke itu dia sedikit dari banyak kisah dari novel Our Story.
Saya suku dengan novel ini karena di novel ini itu bukan hanya Yasmine sebagai tokoh utama. Namun seakan-akan semua siswa yang berada di dalam novel tersebut adalah tokoh utamanya. Setiap tokoh memiliki masalahnya masing-masing, dan itu semua diceritakan dan akhirnya mendapat penyelesaian. Bukan hanya kehidupan Yasmine melulu yang dibahas.

Novel ini awalnya saya kira biasa saja, seperti novel-novel lainnya yang bercerita tentang SMA. Tapi ternyata tidak! Novel ini menyuguhkan dunia lain dari masa SMA.

Bukan masa SMA yang indah dengan konflik-konflik percintaan, tapi dunia SMA bagi mereka yang juga harus berjuang bertahan hidup dengan berbagai situasi yang dihadapi. Banyak tokoh yang benar-benar menginspirasi di novel ini.

Ini dia salah satunya yang membuat saya terinspirasi sampai saat ini :

The future belong to those who believe in the beauty of their dreams,” kata Ferris membuat Mei mengernyit. “Salah satu kutipan favorit gue dari Eleanor Roosevelt. Artinya, masa depan itu milik mereka yang percaya akan keindahan mimpi mereka.”

Meski sebuah fiksi, tapi saya benar-benar salut dengan tokoh yang berada di dalam novel ini (sekali lagi). Oh, iya. Tokoh Nino juga saya suka! Alasannya meski ia berandalan seperti itu, tapi . . . baca sendiri novelnya, nanti kalau saya beritahu, kan tidak seru! hehe 😀

Ada banyak pelajaran yang dapat kita petik dari novel ini. Itu yang menjadi alasan pertama mengapa saya menyukai novel karya Orizuka ini.

Untuk ratingnya saya kasih 4.5 dari 5.

Dan kata-kata terakhir dari novel ini :

“Masing-masing memiliki cerita. Masing-masing berbagi cerita. Masing-masing mendengarkan cerita. Dan dari cerita itu, tidak akan berakhir sampai di sini. Cerita itu akan terus berlanjut.
Walaupun dengan cara yang sulit, cerita mereka akhirnya akan didengar.” -OurStory-

Baiklah, sekian dulu postingan saya kali ini. Semoga dapat bermanfaat..

Terima kasih, dan sampai jumpa di postingan selanjutnya!! ^^

[P.S : Ini sekedar tambahan, ya! :D]

“Keluarga adalah pondasi, sekolah adalah atap, dan sahabat adalah dindingnya.
An unforgetable school story.”
(Nita Trismaya—pengajar, cerpenis, penulis novel Yelloveflies & Sweet Edelweiss)

 

Iklan

[Review] The Chronicles of Audy

THE CHRONICLES OF AUDY (series)

CnoVH9rVUAATkUf

Nah, ini dia novel pertama yang akan saya ulas. Judulnya The Chronicles of Audy dan novel ini terdiri dari 4 seri. Seri yang pertama berjudul “4R”, seri yang kedua judulnya “21″, yang ketiga “4/4”, dan yang terakhir adalah “O2”.

Judul                 : The Chronicles of Audy
Tipe
                   : Seri
Penulis             : Orizuka
Penerbit           :
Haru
Tahun Terbit  : 2013-2016
Tebal                 : sekitar 300-an/buku
Genre                : Teenlit

‘Hai. Namaku Audy. Umurku 22 tahun.

Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu.

Aku hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjanaku. Selangkah lagi!

Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu. Jadi sekarang, di sinilah aku berada. Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya: Regan, Romeo, Rex dan Rafael.

Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter, dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu!

Terdengar klise?

Mungkin, bagimu. Bagiku? Musibah!

Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang mendadak jadi ribet. Kronik dari seorang Audy.

(Oke, jadi itu dia sinopsis dari seri The Chronicles of Audy : 4R. Saya cuma ambil sinopsis dari seri pertama, yah biar runtut saja.)

Jadi di awal cerita dikisahkan seorang mahasiswi UGM jurusan HI beranama Audy Nagisa. Ia akan mulai untuk mengerjakan skripsi sebagai tugas akhir kuliahnya. Saat ia tengah bersuka cita dengan nilainya yang tinggi dan tentu saja ia telah akan menyelesaikan kuliahnya, sebuah masalah muncul.

Orangtuanya terkena penipuan dan akhirnya jatuh bangkrut. Dan itu semua terjadi karena kecerobohan orangtua Audy sendiri.

Menanggapi hal ini, Audy benar-benar kesal. Tapi apa daya. Audy sudah kenal betul kebiasaan orangtuanya yang suka berinvestasi sembarangan. Ia pun tak bisa marah-marah terlalu lama kepada mereka.

Setelah itu, Audy dihadapkan lagi pada masalah baru. Tagihan kosnya sudah menunggak selama 3 bulan dan ia belum bisa membayarnya karena hal di atas. Ia berusaha sekuat tenaga untuk menghindar dari tagihan Ibu Kos. Dan untuk itu ia mulai berinisiatif untuk mencari pekerjaan sampingan.

Akhirnya ia menemukan sebuah lowongan pekerjaan dari koran yakni menjadi seorang babysitter. Disinilah awal pertemuan Audy dengan keluarga 4R.

Audy resmi bekerja di rumah keluarga 4R sebagai babysitter. Tapi kenyataannya berbeda. Ia bukannya harus merawat seorang bayi, melainkan seorang bocah berumur 4,5 tahun. Ditambah lagi ia merangkap pekerjaan sebagai seorang pembantu di rumah itu!

Dan gara-gara anggota keluarga 4R, Audy harus rela diusir dari kosnya. Dan sebagai gantinya, Audy dibiarkan tinggal di paviliun milik 4R.

****

Nah, itu dia sekilas tentang buku The Chronicles of Audy. Menurut saya buku ini benar-benar keren!

Pertama, saya suka sekali dengan cara Orizuka menulis bukunya kali ini. Bahasanya benar-benar ringan dan ceritanya pun kayak cerita kehidupan mahasiswi banget (kecuali yang bekerja di rumah cowok ganteng itu :v). Bahasanya mudah dimengerti, khas remaja begitu. Apalagi buku ini ditulis dengan menggunakan sudut pandang ‘akuan’. Feel-nya jadi benar-benar dapat saat membacanya. Seolah-olah kitalah yang menjadi Audy, yang mengalami semua kejadian itu.

Alurnya benar-benar bagus, runtut dan rapih. Mulai dari buku pertama hingga akhir saya suka sekali dengan konflik-konflik yang dimunculkan. Lagipula buku ini tidak hanya menceritakan full tentang percintaan saja, tapi juga membahas kehidupan Audy Nagisa sebagai seorang mahasiswi semester akhir yang harus menyelesaikan skripsinya.

****

Ini dia kutipan-kutipan yang saya suka

Aku bersyukur memiliki orangtua seperti Ayah dan Ibu. Mereka belajar dari kesalahan dan rela berubah demi anak-anaknya. Aku harap, Ayah tidak terlalu mengkhawatirkan aku lagi dan fokus dengan usaha barunya. Di sini, aku akan berusaha sama kerasnya, lulus dengan nilai baik dalam enam bulan tanpa menyusahkan mereka, lalu mencari pekerjaan yang baik untuk membantu mereka keluar dari kemiskinan.”Audy [4R]

Walaupun ada hal-hal yang menurutmu benar, lebih baik kamu simpan dalam hati. Atau sampaikan dengan cara yang lebih baik.” Audy [21]

Selamanya mas nggak akan berkembang kalau teru-terusan hidup di zona nyaman.” Regan [4/4]

“Dalam meraih cita-cita, kamu udah gagal didetik pertama kamu menyangsikan dirimu sendiri.” –Rex  [O2]

“Aku ga paham esensi pesta ulang tahun,ulang tahun hanya sekedar pengingat kalau umur kita bertambah. Atau bisa dikatakan, sisa hidup kita malah berkurang. Apa yang perlu dirayakan dari itu?” – Rex [O2]

***

Untuk novel ini saya akan memberikan rating 5 dari 5 bintang, hehe ^^
Ini cuma pendapat pribadi saya, setiap orang pasti berbeda-beda. Dan kebetulan saya sangaaat menyukai buku ini, makanya saya kasih rating yang tinggi pula.

Oke, sekian dulu postingan kali ini. Tunggu postingan selanjutnya yang tentunya akan membahas buku yang lain lagi!

Byeee ^^

See you in the next post!

Recommended Books

Hai, hai! ^^ Ini dia postingan pertamaku di blog ini -setelah mengalami perombakan. Haha lucu sekali, setelah bertahun-tahun blog ini ada tapi ujung-ujungnya dipergunakan buat nulis tugas. Tapi tak apalah, yang jelas nulis lagi 😀

IMG_3814edit

Oke, cukup curhatannya. Jadi, dalam rangka memenuhi tugas bahasa Indonesiaku (ehem), aku akan menulis ulasan BUKU-BUKU yang sangat direkomendasikan olehku. Atau mungkin lebih tepatnya DAFTAR BUKU TERFAVORIT milikku.Dan kayaknya kebanyakan buku yang akan kuulas adalah NOVEL.

Dan kebanyakan novel ini berasal dari penulis-penulis yang aku sukai saja, hehe. Mungkin kayak Orizuka, Tere Liye, Ilana Tan, dll.

 

 

SO, wait for the next post! I’ll post the first book later…

BYEE . . . ^^